Cara Mengatasi Hidung Berdarah

Cara Mengatasi Hidung Berdarah – Hidung berdarah atau mimisan lebih dikenal dalam dunia medis dengan istilah epistaksis. Epitaksis adalah keadaan saat darah keluar melalui hidung, dan hal tersebut merupakan kejadian yang sering dialami oleh sebagian orang terutama pada anak-anak. Saat berada di tempat umum anda akan merasa malu apabila mimisan.

Tapi sebenarnya anda tidak mengkhatirkan ataupun malu dengan hidung yang berdarah, yang harus anda lakukan adalah duduk atau dengan berdiri tegak serta usahakan untuk tidak berbaring agar hidung anda tetap dalam posisi diatas, hal tersebut bertujuan agar darah dari mimisan tidak keluar. Meski terlihat agak menakutkan, namun mimisan atau hidung berdarah bukanlah jenis penyakit yang berbahaya dan anda takuti. Karena hidung berdarah atau mimisan bukalah penyakit melainkan sebuah gejala dari suatu penyakit yang terdapat pada tubuh anda.

Cara Mengatasi Hidung Berdarah

Cara Mengatasi Hidung Berdarah

 

Penyebab Mimisan

Ada 2 faktor penyebab mimisan, seperti :

Cuaca Panas

Pada saat cuaca disekitar anda terasa panas, maka kelembaban juga berkurang. Hal tersebut dapat mengakibatkan bagian setrum mengering. Dan dalam kondisi seperti ini maka iritasi dan pendarahan keluar.

Tumor

Hidung berdarah atau mimisan juga dapat terjadi pada seseorang yang menderita penyakit tumor di rongga hidung yaitu angiofibroma. Tumor jenis ini biasanya terjadi pada anak usia muda atau dewasa dan sering terlihat benjolan sebesar biji nangka dengan warna merah keputihan di hidungnya.

Cara Mengatasi Hidung Berdarah

  • Pencet cuping hidung namun jangan terlalu keras dengan ibu jari dan jari telunjuk anda, lalu tahan sekitar 3-5 menit, untuk sementara bernafaslah dengan menggunakan mulut.
  • Jika sudah 5 menit namun sarah masih tetap keluar, pencet lagi cuping hidung sekitar 1 menit, lakukan cara ini kembali sampai pendarahan hidung berhenti.
  • Kompres hidung anda dengan menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air es, hal ini bertujuan untuk mengecilkan pembuluh darah dan untuk membekukan darah yang keluar dari hidung dan hasilnya pendarahan akan dengan cepat berhenti.

Obat Untuk Hidung Berdarah

Anda dapat menggunakan cara mengatasi hidung berdarah dengan bahan alami yaitu daun sirih, caranya bagaimana? Ambillah 1 lembar daun sirih yang masih muda, bersihkan daun sirih hingga bersih, remas dan gulung daun sirih seperti corong kemudian masukkan ke dalam hidung yang keluar darah. Diamkan beberapa saat namun posisi hidung tetap diatas. Daun sirih akan membantu untuk mengecilkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan. Jika anak anda yang mengalami pendarah maka mintalah anak anda untuk duduk bersandar dengan posisi kepala sedikit membungkuk.

Hal ini bertujuan agar darah tidak mengalir ke bagian belakang dan mengalir menuju kerongkongan serta lambung, karena darah yang tertelan dan akan menimbulkan batuk atau mual sehingga anak anda akan muntah. Dengan posisi duduk maka akan membuat aliran darah akan menjadi lebih lambat , karena posisi jantung lebih rendah dari hidung. Anda tidak perlu panik saat anak anda mengalami muntah darah, karena yang sebenarnya anak anda akan memuntahkan darah yang sudah tertelan.

Demikian juga anak anda mengalami batuk berdarah, namun hal tersebut bukan berasal dari paru – paru, melainkan dari gerakan spontan otot pada saluran pernapasan yang bertujuan untuk mendorong darah agar tidak masuk ke dalam dalauran pernapasan dan paru-paru. Jika pendarah sudah terjadi selama 10 menit masih berlanjut, disertai dengan suhu tubuh yang meningkat, ada baiknya jika anda segera membawa anak anda ke dokter.

Karena hal tersebut bisa saja mengindikasikan adanya penyakit serius. Untuk itu biarkan dokter yang menangani dan mencari tahu sumber pendarahan dan memberikan pengobatan medis yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Selama dalam perjalanan menuju rumah sakit, usahakan anak anda dalam posisi duduk menyandar dan hidungnya tetap disumbat dengan kain kasa atau anda bisa menggunakan sapu tangan yang bersih agar darah tidak terus mengalir.

Jika mimisan sudah berhenti, maka usahakan agar anda atau anak anda membuang ingus, duduk membungkuk ataupun dengan melakukan aktifitas berat sekitar 12 jam. Cara ini juga dapat membantu untuk mencegah terjadinya iritasi pada hidung. Hidung berdarah atau mimisan bisa saja salah satu sinyal dari tubuh untuk menunjukkan bahwa terdapat jenis penyakit tertentu, seperti hemofilia.

Dengan begitu sangat dianjurkan untuk anda menjalani tes darah untuk memastikan diagnosis.Karena bisa saja penyakit sinusitis merupakan penyebeb mimisan, kemudian dokter akan memberikan atibiotik untuk mengatasinya. Begitu juga dengan mimisan yang akan disebabkan oleh penggunaan obat tertentu. Jenis dan dosis obat tersebut harus ditinjau kembali. Dengan prosedur operasi juga dapat menjadi pilihan apabila dibutuhkan. Seperti membakar pembuluh darah yang sudah sobek menggunakan nitrat.

Begitu juga jika anda memiliki dinding pembatas lubang yang bengkok yang disebabkan oleh faktor keturunan atau mengalami cedera. Maka anda akan membutuhkan prosedur operasi untuk meluruskannnya. Sebelum anda atau anak anda mengalami hidung berdarah atau mimisan, sebaiknya anda mengetahuia gejala-gejala mimisan agar anda dapat melakukan pencegah. Karena pencegahan lebih baik dari mengobati.

Cara Pemesanan Obat Mimisan (Hidung Berdarah)

Jual Obat Mimisan (Hidung Berdarah) Untuk Mengobati Mimisan dan Perdarahan Pada Hidung

Harga 1 Botol Propolis-Obat Mimisan Isi 6 ml = Rp. 115.000,-/botol

Cara Pemesanan Cepat Obat Mimisan:

SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan : Pesan Propolis Obat Mimisan, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.