Hidung Berdarah (Epistaksis)

Hidung Berdarah (Epistaksis) – Keluarnya darah dari tubuh sangat wajar apabila ada kerusakan pada kulit dan juga pembuluh darah sebab semua tubuh terdapat pembuluh darah. bagian tubuh yang paling sering keluar darah ialah hidung. Hidung keluar darah tidak jarang terjadi, kondisi ini juga dikenal dengan nama Epistaksis dalam istilah medis. Kondisi seperti ini bukan suatu hal yang berbahaya, tetapi meskipun tidak berbahaya tidak bisa diabaikan, sebab jika darah yang dikeluarkan semakin banyak maka akan mengganggu proses pernapasan juga sehingga terhalang oleh darah dan darah dapat terhirup masuk ke tenggorokan atau paru paru. hidung berdarah sering terjadi oleh siapa pun khususnya pada anak anak.

Adanya pembuluh darah pada hidung yang sobek maka akan mengeluarkan darah yang di alirkan dari dalam hidung oleh sebab itu terjadilah hidung berdarah. Karena pembuluh darah bagian hidung termasuk paling rentan untuk pecah, jadi tidak aneh apabila sering mengalami hidung berdarah. Ada faktor kesehatan juga yang bisa menyebabkan hidung berdarah,

Penyebab Hidung Berdarah (Epistaksis)

Hidung berdarah (Epistaksis) ada dua jenis yang membedakan asal keluarnya darah atau letak pembuluh darah yang pecah berada pada bagian mana. Pembuluh darah pada hidung bagian depan atau pun pada bagian belakang yang pecah. Untuk jenis hidung berdarah yang paling sering terjadi ialah rusaknya atau robeknya pembuluh darah pada bagian depan. Adanya yang memicu pembuluh darah bagian darah sobek maka dari itu akan keluar darah dari rongga hidung. Ada pula jenis hidung berdarah yang kedua yang disebabkan oleh pecah pembuluh darah bagian dalam, posisi pembuluh darah yang pecah bisa berada diantara langit langit dan juga pada rongga mulut. jika pembuluh darah dalam yang pecah biasanya darah yang dikeluarkan lebih banyak dari pada bagian depan.

Mengatasi Hidung Berdarah

Mengatasi Hidung Berdarah

Yang menjadi penyebab hidung berdarah (Epistaksis) akibat pecah pembuluh darah depan atau pun belakang bisa disebabkan oleh banyak hal, atau ada banyak faktor pemicunya. dibawah ini beberapa faktor penyebab hidung berdarah (Epistaksis) :

  • Buang ingus atau cairan lendir di dalam hidung yang berlebihan atau dilakukan terlalu kencang. Kondisi ini tidak jarang terjadi ketika sedang flu atau ada infeksi pada saluran pernapasan.
  • Robeknya pembuluh darah hidung bisa dikarenakan ada benda asing masuk ke dalam hidung biasanya terjadi karena membersihkan hidung. Bisa juga yang membuat pembuluh darah robek dikarenakan kuku yang panjang.
  • Faktor pemicu hidung berdarah (Epistaksis) bisa dikarenakan oleh perubahan udara. udara yang kering bisa karena cuaca yang sedang dingin atau pun panas. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit hidung kering dan mudah robek dan menyebabkan hidung berdarah.
  • Ada pun faktor hidung berdarah (Epistaksis) lainnya yaitu dikarenakan bentuk dari hidung yang di miliki yaitu hidung yang bengkok. Hidung bengkok yang disebabkan oleh cedera karena kecelakaan.
  • Gangguan kesehatan yang cukup serius pada saluran pernapasan atau pada hidung bisa menyebabkan hidung berdarah (Epistaksis) juga yaitu akibat dari penyakit sinusitis.
  • Hidung berdarah (Epistaksis) bisa dikarenakan oleh efek samping obat. efek samping dari obat bisa menyebabkan keluarnya darah dari dalam rongga hidung meskipun tidak semua obat. jenis obat yang dapat memicu hidung berdarah bisa dikarenakan oleh obat pelega pernapasan, aspirin, antikoagulan.
  • Berada pada lingkungan yang terdapat banyak zat kimia bisa menyebabkan iritasi dan mengakibatkan hidung berdarah juga jadi perlu hati hati melindungi saluran pernapasan.
  • Efek menggunakan obat terlarang.
  • Ada masalah pada tubuh yang fungsinya untuk membekukan darah sehingga hidung berdarah (Epistaksis) tidak kunjung berhenti.
  • Akibat alkohol.
  • Operasi pada hidung.
  • Bisa juga dikarenakan oleh adanya tumor.

Mengatasi Hidung Berdarah (Epistaksis)

Hidung yang mengeluarkan darah biasanya akan beberapa saat saja terjadinya dan akan kembali normal untuk beberapa saat. Ada pun gejala hidung berdarah yang parah bisa menyebabkan pendarahan lebih dari setengah jam atau 30 menit, dan dengan jumlah darah yang terlalu banyak sehingga menyebabkan penderitanya lemas sebab banyak darah yang dikeluarkan. Untuk itu jika kondisi yang parah maka ada baiknya segera ke klinik terdekat.

Ada juga upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) agar cepat menghentikan pendarahan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

  • Mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) dengan Duduk tegak dan jangan berbaring. Posisi duduk akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah hidung sehingga dapat menghentikan pendarahan.
  • Mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) dengan Condongkan tubuh ke depan sehingga darah keluar lewat hidung dan tidak masuk ke tenggorokan.
  • Mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) dengan Keluarkan dan buang darah yang mengalir ke mulut. Menelan darah dapat memicu keinginan untuk muntah.
  • Mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) dengan Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memencet hidung selama sekitar 10 menit. Langkah ini akan memberi tekanan pada sumber pendarahan sehingga menghentikan darah. Jangan lupa untuk bernapas lewat mulut.
  • Mengatasi hidung berdarah (Epistaksis) dengan Letakkan kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat pendarahan.

Apabila pendarahan sudah membaik ada baiknya jika beristirahat agar mengurangi risiko untuk terulang kembali. dan sebaiknya tidak memasukan benda asing ke dalam hidung termasuk kuku, tidak buang ingus terlebih dahulu sehingga pendarahan tidak terulang kembali. (By:RM)

Hidung Berdarah (Epistaksis)

Cara Pemesanan Obat Mimisan (Hidung Berdarah)

Jual Obat Mimisan (Hidung Berdarah) Untuk Mengobati Mimisan dan Perdarahan Pada Hidung

Harga 1 Botol Propolis-Obat Mimisan Isi 6 ml = Rp. 115.000,-/botol

Cara Pemesanan Cepat Obat Mimisan:

SMS ke 0818-0635-7728, tuliskan : Pesan Propolis Obat Mimisan, Jumlah Botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.