Hidung Berdarah Pada Anak

Hidung Berdarah Pada Anak – Dalam masa pertumbuhan, anak sering kali mengalami mimisan (epistaksis). Selain disebabkan kelainan pembuluh darah, perubahan cuaca juga menjadi pemicu. Menurut Dr Rully Siagian SpA(K) RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo),mimisan adalah pendarahan dari hidung. Jika tidak ada penyakit lain, mimisan biasanya hanya merupakan kelainan pada pembuluh darah di hidung.

Hidung Berdarah Pada Anak

Hidung Berdarah Pada Anak

HIDUNG BERDARAH ATAU MIMISAN

Secara umum, mimisan terjadi akibat pembuluh darah yang pecah di daerah hidung bagian tengah, namanya pleksus kieselbach. Pembuluh darah ini merupakan anyaman jaringan pembuluh darah yang sangat halus dan tipis. Pada anak-anak, pembuluh darah ini mudah berdarah terutama kalau ada infeksi di daerah hidung. Akibat infeksi, pembuluh darah yang tipis tersebut akan melebar dan kalau tersenggol sedikit saja akan mudah pecah.

Salah satu faktor penyebab mimisan adalah keturunan dan perubahan cuaca juga dapat menyebabkan mimisan. Prinsipnya sama dengan infeksi, cuaca dingin atau hujan menyebabkan hidung anak mengalami flu serta pembuluh darah di hidung melebar dan tipis. Ketika anak menggosok hidungnya, pembuluh darah ini gampang sekali pecah.

Mimisan yang kerap dialami anak, tentu saja mengkhawatirkan orangtua. Tidak heran, kemudian orangtua meluangkan waktu untuk berkonsultasi dengan dokter. Hasilnya, ternyata mimisan seperti yang dialami Ina dan Ari tidaklah berbahaya, jika tidak diikuti komplikasi penyakit lainnya.

Untuk menyembuhkan mimisan, atau di dunia kedokteran dikenal dengan nama epistaksis, dokter melakukan penyembuhan dengan cara bagian hidung yang berdarah dibakar (dikostik) dengan alat khusus. Tujuannya agar darah tidak terus-menerus keluar. Hidung kemudian hidung dibersihkan dan mimisan akan berhenti.

MENCEGAH HIDUNG BERDARAH

Pencegahan Hidung Berdarah

Untuk mengatasi penyakit hidung berdarah ini seharusnya tidak usah terlalu panik yang dapat pula mencemaskan si penderita.Penderita disuruh duduk agar tekanan vaskuler berkurang. Kemudian menekan cuping hidung selama 5-10 menit. Hal ini dapat menghentikan Mimisan yang ringan. Namun jika tidak mampu menghentikan perdarahan, maka dipasang tampon yang telah dibasahi dengan adrenalin dan lidocain untuk menghentikan perdarahan dan mengurangi rasa nyeri.

Untuk mengatasi atau menghentikan hidung berdarah itu lakukan tindakan-tindakan praktis berikut :

  1. Duduklah dengan kepala sedikit tertunduk sedemikian rupa sehingga darah bisa mengalir dengan lancar melalui hidung dan tidak turun ke kerongkongan. Biarkanlah mulut tetap terbuka dan berikan handuk kecil yang basah lalu menutup mulut
  2. Tekan cuping hiudng selama 10-15 menit bila perlu ditambah dengan kain kompres di daerah atas hidung, karena bisa sangat membantu menghentikan perdarahan tersebut.

Setelah itu bebaskanlah cuping hidung dengan hati-hati. Jika perdarahan masih berlanjut, ulangi prosedur itu kembali. Kemudian jika tidur, sebaiknya menggunakan dua buah bantal, agar perdarahan tidak terjadi lagi. Namun pencegahan hidung berdarah pada anak yang agak cepat untuk menghentikan  hidung berdarah atau Mimisan tersebut, ambilah dua helai daun sirih yang masih muda, lalu gulung dan masing-masing gulungan disumbatkan ke hidung si penderita. Dengan cara ini Hidung Berdarah Pada Anak biasanya akan segera berhenti, menjelang si penderita berkonsultasi ke dokte. Untuk tindakan berjaga-jaga harus selalu dipelihara , dan tidak mengeluarkan ingus terlalu keras. Bila sekiranya harus bersin upayakan agar mulut terbuka. Jauhkan tindakan-tindakan yang memerlukan tenaga yang lebih besar seperti mengangkat barang, jangan terlalu lama memmbungkukan badan ke depan. Usahakan pula agar tidur dengan bantal yang banyak dan tidak mengonsumsi minuman yang panas dan tidak merokok.

Jika amak mengalami muntah darah, maka sebaiknya jangan panik karena muntah darah merupakan salah sjatu efek dari darah yang tertelan ke dalam perut. Dan demikian juga jika ia mengalami masalah batuk darah, hal ini bukanlah suatu masalah yang terjadi di paru-paru, melainkan karena adanya suatu gerakan yang spontan pada otot saluran napas yang menimbulkan batuk dengan tujuan untuk bisa mendorong darah atau mendorong benda asing supaya tidak masuk ke dalam saluran napas dan masuk ke dalam paru-paru.

Jika setelah 10 menit hidung berdarah masih tetap terjadi pada anak dan disertai dengan panas maka sebaiknya bawalah anak Anda ke dokter. Hal ini bisa saja menjadi suatu indikasi dari adanya gejala penyakit yang serius. Biarkan dokter yang menanganinya dan mendiagnosis mencari tahu apakah sumber pendarahan serta memberikan pengobatan medis yang tepat.

MENGOBATI HIDUNG BERDARAH PADA ANAK

Pengobatan Hidung Berdarah Pada Anak

Bila hidung berdarah sudah berhenti hindarilah menyentuh daerah hidung kemudian menghembuskan napas secara keras. Langkah selanjutnya membalutnya, minum air yang agak sedikit panas dan minum aspirin agak seminggu. Jika perdarahan tetap berlanjut banyak-banyaklah mengonsusmsi makanan yang banyak mengandung vitamin C atau Seng (Zinc).Vitamin C merupakan salah satu komponen penghasil kolagen, serta seng sangat berguna untuk mempertahankan jaringan tubuh, termasuk pembuluh darah.
Makanan yang banyak mengandung vitamin C diantaranya jeruk dan sayur-sayuran, termasuk kentang. Sedangkan makanan yang banyak mengandung seng di antaranya daging ikan, nasi , jagung dan biji-bijian sebagai obat mimisan alami.

Hidung Berdarah Pada Anak


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *