Jenis-Jenis Mimisan

Jenis-Jenis Mimisan – Mimisan atau dalam dunia medis dikenal sebagai epistaksis disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  1. Infeksi lokal, misalnya vestibulitis, sinusitis
  2. Selaput lendir yang kering pada hidung dan mengalami cedera atau trauma, misalnya mengorek hidung, terjatuh, terpukul, adanya benda asing, pembedahan, patah tulang hidung, atau iritasi gas yang merangsang
  3. Penyakit kardiovaskuler. Misalnya penyempitan arteri (arteriosklerosis) pada hidung, menderita darah tinggi, dan lain-lain
  4. Infeksi sistemik (infeksi menyeluruh), misal pada demam berdarah, influenza, thypus
  5. Kelainan darah dan tumor hidung baik jinak maupun ganas. Pada penderita anemia aplastik, leukemia, trombositopenia, hemofilia.
  6. Gangguan endokrin, seperti pada kehamilan, menarche (menstruasi pertama kali) dan menopause
  7. Pengaruh lingkungan, misalnya tekanan atmosfir mendadak (seperti pada penerbang dan penyelam), lingkungan udara sangat dingin dan lain-lain
  8. Idiopatik, biasanya merupakan hidung berdarah yang ringan dan berulang pada anak dan remaja.
Jenis-Jenis Mimisan

Jenis-Jenis Mimisan

JENIS MIMISAN

Jenis-Jenis Mimisan

Jenis-Jenis Mimisan atau epitaksis ada 2 yaitu :

1. Epitaksis Anterior

Perdarahan berasal dari septum (pemisah lubang hidung kiri dan kanan) bagian depan. Biasanya perdarahan tidak begitu hebat dan bila penderita duduk, darah akan keluar dari salah satu lubang hidung. Pada beberapa kasus dapat berhenti spontan dan mudah diatasi

2. Epistaksis Posterior

Perdarahan berasal dari bagian hidung yang paling dalam. Epitaksis posterior sering terjadi pada usia lanjut, penderita hipertensi, arteriosklerosis atau penyakit kardiovaskular. Biasanya terjadi perdarahan hebat dan jarang berhenti spontan. Darah dapat mengalir ke belakang, yaitu ke mulut dan tenggorokan.

CARA MENGATASI MIMISAN

Penanganan Jenis-Jenis Mimisan

Penderita duduk tegak agar tekanan vaskular berkurang dan mudah membatukkan darah dari tenggorokan, kemudian menekan cuping hidung selama 5-10 menit. Hal ini dapat menghentikan hidung berdarah yang ringan, namun jika tetap tidak mampu menghentikan perdarahan, maka dipasang tampon yang telah dibasahi dengan adrenalin dan lidocain untuk menghentikan hidung berdarah dan mengurangi rasa nyeri.

Cara mengatasi hidung berdarah pada balita adalah :

  1. Mintalah anak untuk duduk tegak, kemudian condongkan tubuhnya ke depan sampai aliran darah bisa menjadi lebih lambat. Sebaiknya jangan baringkan tubuhnya.
  2. Mintalah untuk bernapas lewat mulut
  3. Tekanlah bagian cuping hidung untuk mencegah darah keluar lebih deras. Jika mungkin, Anda bisa mengajarkan balita dengan cara menekan kedua lubang hidung dengan menggunakan tangannya sendiri
  4. Saat balita sedang menekan hidungnya atau Anda menekan hidungnya, maka sebaiknya berikan alihan perhatian untuk membacakan buku cerita, menonton televisi atau juga memutar film anak-anak kesukaannya.
  5. Biasanya hidung berdarah pada anak akan berhenti setelah 5-10 menit.
  6. Jika mimisan sudah berhenti, maka mintalah anak untuk tidak bermain permainan yang bisa memicu mimisan terjadi lagi selama beberapa jam. Hal ini bertujuan untuk memberikan jeda waktu agar hidung berdarah bisa benar-benar berhenti.
  7. Katakanlah pada balita Anda untuk tidak menggunakan jarinya dalam membersihkan hidungnya, jangan menghembuskan napas dengan keras, dan jangan menggaruk lubang hidung selama beberapa hari.
  8. Jika selama 30 menit hidung berdarah tidak selesai juga, maka lakukan konsultasi ke dokter.

Cara mengobati mimisan atau hidung berdarah secara alami adalah :

  1. Menggunakan daun kangkung
    Beberapa penelitian menunjukkan dengan menggunakan 100 gram kangkung yang sudah terlebih dahulu direbus namun tanpa menggunakan garam mempunyai nilai nutrisi energi sebanyak 28 kkal, air 91,2 gram, protein 1,9 gram, lemak 0,4 gram, dan juga karbohidrat 5,63 gram. Selain itu juga kandungan nutrisi yang ada di dalam kangkung adalah kandungan mineral, kandungan vitamin A, B, C, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan juga zat besi. Selain itu, sayur kangkung juga mempunyai sifat kimia sebagai zat antiracun, untuk membantu meluruhkan darah, sebagai diuretik alami, antiradang dan juga zat sedatif atai penenang dan obat tidur. Oleh karenanya maka tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan kangkung dengan porsi yang banyak apalagi menu utamanya adalah kangkung.
    Untuk menggunakan daun kangkung sebagai obat mimisan, maka Anda bisa menggunakan semua bagian tumbuhan kangkung termasuk akarnya. Kandungan kimia seperti mineral, vitamin, karotena, hentriakontan, dan sitosterol yang ada didalamnya bisa membantu untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan seperti mimisan, haid yang terlalu banyak, sakit gigi, membantu melancarkan air seni, keracunan makanan, sakit perut, susah tidur, wasir ambeien dan lain sebagainya.
  2. Daun sirih
    Menggunakan daun sirih sebagai obat hidung berdarah atau obat mimisan adalah gulung daun sirih terlebih dahulu kemudian masukkanlah ke dalam hidung yang mengalami mimisan, dan biarkanlah selama kurang lebih ½ jam, maka darah tidak akan keluar lagi. Daun sirih sudah lama dikenal bisa membantu mengobati mimisan karena kandungan zat pengerut jaringan atau astringent yang ada di dalamnya.

Jenis-Jenis Mimisan


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *