Pendarahan Hidung

images (7)Pendarahan Hidung – Hidung yang mempunyai rongga dan dua lubang hidung merupakan tempat masuknya berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang menyerang saluran pernapasan.Karena itu hidung ini harus selalu dipelihara. Segala baksil dan bakteri atau virus dengan gampang memasuki lubang hidung. Karena itu hidung dipersenjatai denagn banyak bulu-bulu hidung untuk menyering masuknya berbagai kuman penyakit itu.

PENDARAHAN PADA HIDUNG

Memelihara lubang hidung itu berarti menghindari diri dari berbagai macam sumber penyakit itu dengan:

  1. Menjauhkan diri dari orang-orang yang tengah menderita penyakit pernapasan seperti batuk,asma,influenza dan sebagainya
  2. Tangan harus selalu dicuci bersih dan tidak minum dibekas orang lain yang diperkirakan mengandung bibit infeksi pernapasan
  3. Tidak memasukkan jari atau benda lain kedalam lubang hidung.Demikianlah pula hal itu belum lagi merupakan suatu jaminan bahwa yang bersangkutan telah steril dari kuman penyakit. Karena itu perlu dianjurkan kepada siapapun juga agar hidungnya,sehingga ia tidak akan mudah diserang oleh berbagai bibit penyakit itu dari luar,terutama melalui lubang hidung yang dipunyainya.

Namun betapapun rapinya kita memilihara hidung kita untuk tidak memasuki bibit penyakit,namun kadang-kadang seseorang itu dapat juga diserang oleh bibit penyakit. Bibit penyakit itu misalnya dapat menimbulkan perdarahan hidung atau mimisan yang muncul dari berbagai sebab hidung berdarah.

PENYEBAB HIDUNG BERDARAH

B.Penyebab Pendarah hidung

Keluarnya darah dari lubang tau sering disebut juga mimisan dapat berasal dari vena yang berasal dari rongga hidung bagian depan atau rongga bagian belakang.Kebanyakan perdarahan yang berasal dari darah vena lebih mudah dihentikan,dibandingkan dengan yang berasal dari dara arteri yang kadang-kadang sulit diatasi dengan cara sederhana.Penyebab yang terakhir ini memerlukan tindakan yang lebih besar dan tidak jarang harus dioperasi taua tindakan pembedahan.

Banyak penyebab perdarahan hidung ini yang tidak diketahui dengan jelas penyebab-penyebab utamanya. Umumnya yang sering terjadi adalah karena sering mengorek-ngorek lubang hidung atau tekanan benda tumpul. Tindakan seperti ini sering kali dilakukan oleh anak-anak.

Pada orang dewasa penyebabanya karena udara dingin dan kering. Perubahan udara ini dapat menyebabkan perubahan disekeliling hidung sehingga aktivitas pada hidung entah itu berupa gesekan dalama rongga hidung atau lubang ingus perlahan saja dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah vena halus didaerah itu.

Tidak Jarang perdarahan itu diperberat jika kebetulan  orang itu adalah seorang wanita yang sedang haid. Hidung berdarah seringkali ditemukan pada mereka yang mempunyai riwayat alergi terhadap zat-zat tertentu. Mungkin saja karena peristiwa bersin yang sering dialaminya menyebabkan perdarahan terjadi pada lubang.

Pada anak-anak hidung berdarah dapat disebabkan oleh adanya benda-benda asing di dalam rongga hidung yang lama berakohol dalam rongga hidung.Karena sama mengetahui anak-anak karena kenakalannya sering memasukkan benda atau biji-bijian ke dalam rongga hidungnya. Suatu waktu benda ini masuk ke dalam rongga hidung dan tersangkut disana sebagai benda asing,namun tidak terlalu mengganggu pernapasan si anak.

Pada orang dewasa atau usia lanjut, hidung berdarah seperti ini dapat disebabkan oleh pembuluh darah arteri yang terletak lebih ke dalam ini dapat dipahami sebab pada usia itu seseorang dapat terkena penyakit sistematika seperti tekanan darah tinggi. Atau ada pula kemungkinan karena adanya tumor.

Pada umumnya penyebab pendarahan hidung mimisan itu disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah:

  1. Infeksi lokal
  2. Selaput lendir yang kering pada hidung dan mengalami cedera atau trauma, seperti mengorek-ngorek hidung, terjatuh,terpukul,atau benda asing di dalam lubang hidung, atau bisa pula karena iritasi gas yang merangsang bagi penderita,
  3. Penyakit kardiovaskuler, seperti terjadi penyempitan arteri pada hidung, menderita tekanan darah tinggi dan lain sebagainya
  4. Infeksi sistemik mulai darai demam berdarah, influenza, tifus, dan sebagainya
  5. Kelainan darah dan tumor hidung baik jinak atau ganas. Pada penderita anemia dan leukemia, dan sebagainya
  6. Gangguan kelenjar endokrin, seperti mereka yang tengah hamil atau menopause
  7. Perdarahan hidung bisa pula terjadi karena pengaruh lingkungan, seperti perubahan tekanan atmosfer yang mendadak atau lingkungan udara yang sangat dingin, dan lain sebagainya
  8. Mimisan idioatis, ynag biasanya merupakan mimisan ringan dan berulang pada naka dan remaja.

GEJALA HIDUNG BERDARAH

C.Gejala-Gejala Pendarahan hidung

Seseorang yang terkena serangan hidung berdarah, biasanya agak kaget dan takut, bila ada darah hidup keluar tanpa henti. Bagi mereka yang pernah mengalami perdarahan hidung seperti ini sebaiknya hidung itu diperiksa oleh dokter THT (Telinga,Hidung, dan Tenggorokan). Mungkin dengan pemeriksaan ini dapat ditemukan penyebab penyakit secara sistematik.Siapa tahu ada penyakit lainnya seperti penyakit darah tinggi atau tumor hidung.

Umumnya dikenal dua macam pendarahan hidung, yaitu epistasis anterior. Disini perdarahan terhadap pemisah hidung kiri dan kanan bagian depan. Biasanya perdarahan tidak begitu hebat yang bila penderita duduk, darah akan keluar dari salah satu lubang hidung. Pada beberapa kasus dapat berhenti spontan dan mudah diatasi.

Disamping itu dikenal perdarahan yang berasal dari bagian hidung yang paling dalam. Gangguan seperti ini terjadi pada usia lanjut, penderita hipertensi, penyakit kardiovaskuler. Biasanya  terjadi perdarahan hebat dan jaranag berhenti secara spontan. Darah di sini dapat menurun ke belakang, yaitu ke mulut dan tenggorokan.

Pendarahan Hidung


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>