Penyebab Hidung Berdarah

Mimisan adalah perdarahan dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab lokal yaitu dari hidung atau sebab umum yaitu kelainan sistemik, misalnya kelainan pembuluh darah.

Penyebab Mimisan

Selain pembuluh darah hidungnya sangat banyak, permukaan lendirnya pun sangat tipis sehingga mudah pecah dan terjadi mimisan.

Penyebab mimisan diantaranya :

- Trauma, seperti terbentur, jatuh, membuang ingus terlalu keras, mengorek hidung terlalu kasar dan sebagainya

- Polusi, seperti asap rokok atau asap knalpot bersifat iritatif (merusak) sehingga dapat menbuat lecet dan merobak permukaan selaput lendir yang tipis

- Obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya mimisan. Misalnya obat steroid yang berfungsi melegakan hidung yang mampet

- Udara dingin, termasuk penyetelan penyejuk udara yang terlalu dingin

Cara Menangani Mimisan

Untuk menangani mimisan pada anak, orang tua dapat memilih salah satu tindakan dari beberapa alternatif dibawah ini :

- Menghentikan perdarahan tanpa bantuan obat dan alat. Caranya dengan mendudukkan si anak dengan posisi badan dan kepala agak maju ke depan. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dan menutup lubang hidung. Atau menekan cuping hidung yang lunak. Minta anak bernafas melalui mulut. Lakukan 1-2 menit. Jika belum berhenti, coba ulangi 3-4 kali

- Sediakan air steril dicampur garam, lalu tempelkan dengan kapas ke bagian hidung yang berdarah

- Ambil daun sirih yang sudah dibersihkan, lalu gulung seukuran hidung anak. Selanjutnya sumbatkan daun sirih ke bagian hidung tersebut.

- Bungkuslah es dengan sapu tangan, lalu tempelkan di antara kening dan hidung. Es yang ditempelkan dapat memberikan efek mengecilkan pembuluh darah, yang kemudian akan menghentikan perdarahan.

Ketika semua cara diatas tidak dapat menghentikan mimisan atau darah yang keluar dari hidung malah bertambah banyak, maka segera bawa si anak ke dokter atau UGD untuk dipasang tampon atau kain kasa dalam hidung untuk menghentikan perdarahan dari hidung agar dokter dapat mengobservasi lebih lanjut penyebab mimisan pada anak.

Makanan Untuk Anak yang Mimisan

- Berikan makanan sumber vitamin K yang berguna untuk pembekuan darah seperti bayam, sayur-sayuran berwarna hijau tua, hati, kuning telur, dan kacang-kacangan.

- Berikan makanan sumber zat besi (Fe) untuk mencegah anemia pada anak misalnya kuning telur, hati ayam, hati sapi, daging sapi, sayuran berwarna hijau. Jika perlu tambahkan suplemen zat besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>