Penyebab Hidung Berdarah

Penyebab Hidung Berdarah – Mimisan atau hidung berdarah adalah perdarahan dari hidung yang dapat terjadi akibat sebab lokal yaitu dari hidung atau sebab umum yaitu kelainan sistemik, misalnya kelainan pembuluh darah.

Penyebab Hidung Berdarah

Penyebab Hidung Berdarah

 PENEBAB HIDUNG BERDARAH

Penyebab Hidung Berdarah

Selain pembuluh darah hidungnya sangat banyak, permukaan lendirnya pun sangat tipis sehingga mudah pecah dan terjadi mimisan.

Penyebab Hidung Berdarah diantaranya :

  • Trauma, seperti terbentur, jatuh, membuang ingus terlalu keras, mengorek hidung terlalu kasar dan sebagainya
  • Polusi, seperti asap rokok atau asap knalpot bersifat iritatif (merusak) sehingga dapat menbuat lecet dan merobak permukaan selaput lendir yang tipis
  • Obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya mimisan. Misalnya obat steroid yang berfungsi melegakan hidung yang mampet
  • Udara dingin, termasuk penyetelan penyejuk udara yang terlalu dingin

JENIS PENYEBAB HIDUNG BERDARAH

Penyebab hidung berdarah juga dibagi berdasarkan jenisnya :

  1. Mimisan anterior
    Mimisan anterior merupakan salah satu jenis pendarahan pada hidung yang berasal dari nasal septum dibagian bawah. Nasal septum merupakan dinding pemisah antara rongga hidung kiri dan kanan. Di dalam bagian hidung ini mempunyai banyak pembuluh darah halus dan yang bsia menerima darah dari arteri karotis, dua arteri yang utama yang terdapat di leher yang bisa memasok darah menuju ke kepala dan leher. Sedikit ketukan atau terjadinya benturan akan menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah dan bisa mengeluarkan darah. Jenis hidung berdarah ini bisa dengan mudah diobati dan biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak.
  2. Mimisan posterior
    Mimisan atau hidung berdarah posterioir yang terjadi akibat dari adanya suatu pendarahan yang sumbernya berasal dari bagian yang letaknya jauh berada di belakang dan juga bagian hidung yang lebih tinggi, tempat cabang arteri yang bisa memasok darah ke hidung. Dan untuk itulah pendarahan jenis mimisan ini biasanya akan menjadi lebih berat. Pada kasus mimisan posterior biasanya akan menjadi semakin lebih parah dan bisa terjadi lebih serius dibandingkan kasus anterior dan membutuhkan perawatan medis yang lebih serius. Biasanya jenis mimisan seperti ini lebih sering terjadi pada orang dewasa.

Mimisan posterior yang terjadi pada orang dewasa biasanya diakibatkan karena :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Operasi pada bagian nasal hidung
  3. Kurang mengonsumsi kalsium
  4. Paparan akibat zat kimia yang bisa membuat iritasi dibagian membran dalam hidung
  5. Mimisan bisa saja menjadi salah satu gejala adanya suatu penyakit lain misalnya adalah gejala penyakit leukemia dan juga penyakit tumor.

MENANGANI HIDUNG BERDARAH

Cara Menangani Penyebab Hidung Berdarah

Untuk menangani mimisan pada anak, orang tua dapat memilih salah satu tindakan dari beberapa alternatif dibawah ini :

  • Menghentikan perdarahan tanpa bantuan obat dan alat. Caranya dengan mendudukkan si anak dengan posisi badan dan kepala agak maju ke depan. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dan menutup lubang hidung. Atau menekan cuping hidung yang lunak. Minta anak bernafas melalui mulut. Lakukan 1-2 menit. Jika belum berhenti, coba ulangi 3-4 kali
  • Sediakan air steril dicampur garam, lalu tempelkan dengan kapas ke bagian hidung yang berdarah
  • Ambil daun sirih yang sudah dibersihkan, lalu gulung seukuran hidung anak. Selanjutnya sumbatkan daun sirih ke bagian hidung tersebut.
  • Bungkuslah es dengan sapu tangan, lalu tempelkan di antara kening dan hidung. Es yang ditempelkan dapat memberikan efek mengecilkan pembuluh darah, yang kemudian akan menghentikan perdarahan.

Ketika semua cara diatas tidak dapat menghentikan mimisan atau darah yang keluar dari hidung malah bertambah banyak, maka segera bawa si anak ke dokter atau UGD untuk dipasang tampon atau kain kasa dalam hidung untuk menghentikan perdarahan dari hidung agar dokter dapat mengobservasi lebih lanjut penyebab mimisan pada anak.

Makanan Untuk Anak yang Mimisan

  • Berikan makanan sumber vitamin K yang berguna untuk pembekuan darah seperti bayam, sayur-sayuran berwarna hijau tua, hati, kuning telur, dan kacang-kacangan.
  • Berikan makanan sumber zat besi (Fe) untuk mencegah anemia pada anak misalnya kuning telur, hati ayam, hati sapi, daging sapi, sayuran berwarna hijau. Jika perlu tambahkan suplemen zat besi.

Kejadian mimisan yang biasanya terjadi merupakan salah satu kejadian yang ringan dan akan berhenti sendiri. Namun, kita juga harus tetap waspada dan berhati-hati. Hendaknya kita mewaspadai terjadinya mimisan dengan frekuensi yang sering terjadi misalnya adalah terjadi 3 kali dalam sebulan, jika keluar darah yang keluar cukup lama dan tidak berhenti selama 30 menit, darah yang keluar juga sangat deras. Dan selain itu juga, kita harus tetap berwaspada jika mimisan yang terjadi diakibatkan karena sakit kepala misalnya adalah karena adanya suatu indikasi dari tekanan darah yang naik pada penderita penyakit hipertensi.

Penyebab Hidung Berdarah

 


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengatasi Sering Mimisan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Hidung Berdarah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>